Tech-Metal Yang Mengagumkan, MESHUGGAH Hadirkan “They Move Below”

Meshuggah

Pelopor tech-metal ekstrim Swedia MESHUGGAH telah merilis video musik berjudul “They Move Below”. Klip tersebut dikerjakan Wizardhead dan diedit oleh Edvard Hansson. Keseluruhan video diproduksi dengan bantuan program AI (adobe illustrator) untuk mempolesi gambar berdasarkan interpretasi tiap personil MESHUGGAH terhadap tema dalam musik dan judul lagu.

“They Move Below” diambil dari album kesembilan MESHUGGAH bertajuk “Immutable”. Album yang berisikan 13 track tersebut dirilis pada bulan Mei lalu melalui Atomic Fire Records asal Amerika. Label tersebut juga menaungi band ternama seperti Helloween, Agnostic Front, Opeth dan banyak band-band ekstrem lainnya.

Aransemen musik dibuat oleh Mårten Hagström (guitar), direkam di Sweetspot Studio Swedia, dan untuk mixing dikerjakan oleh Rickard Bengtsson & Staffan Karlsson hingga mastering diselesaikan oleh Meller sebagai hasil akhir.

Gitaris MESHUGGAH, Mårten Hagström pernah mengungkapkan di salah satu acara podcast “No Fuckin’ Regrets” bersama Robb Flynn frontman MACHINE HEAD.

“Bahwa Ini adalah album terpanjang yang kami keluarkan selama berkarir, karena di album “Immutable” terdapat 13 lagu dengan total durasi 66 sampai 67 menit,” ungkapnya.

“Bagi MESHUGGAH, apapun yang kami lakukan akan selalu mencoba untuk menemukan karakter sound yang kami inginkan, lalu bagaimana kami mempertahankannya agar tetap menarik?. Jika apa yang kami lakukan untuk menyenangkan diri sendiri dan para penggemar kami, hal tersebut yang perlu kami jaga sampai saat ini,” tambah Robb Flynn.

Hambatan Pada Pengerjaan Album “Immutable”

Meshuggah

Mereka mulai menulis dan mengerjakan album kesembilan ini ketika mereka keluar dari siklus tur yang terpotong pandemi Covid 19. Kemudian setelah itu, semua sistem berjalan lancar. Mereka telah bekerja keras selama hampir tiga tahun.

“Kami sangat senang dengan hasilnya. Kami mungkin telah mencoba beberapa hal yang belum pernah kami lakukan sebelumnya dan bukan sesuatu yang mencengangkan,” Mårten juga menambahkan.

Mereka sangat bersemangat tentang hal itu, sejauh ini yang paling dinamis yang pernah MESHUGGAH buat di album. Immutable merupakan Judul yang sangat sangat cocok untuk eksistensi MESHUGGAH sebuah band.

“Kami sekarang lebih tua. Sebagian besar dari kami berusia lima puluhan tahun, dan kami telah menyesuaikan diri dengan identitas kami sebenarnya. Meskipun demikian kami telah bereksperimen selama ini, saya juga berpikir kami masih sama sejak hari pertama band ini berdiri.” Kata Robb Flynn.

MESHUGGAH merupakan band extreme technical metal asal dari Swedia. Mereka dibentuk pada tahun 1987 yang terdiri dari Jens Kidman (vocal), Fredrik Thordendal (guitar/lead), Tomas Haake (bass) yang bergabung di tahun 1990 dan Mårten Hagström (guitar) yang bergabung di tahun 1994.

Selama 35 tahun berkiprah MESHUGGAH sudah mengantongi 9 album penuh, 5 Ep album dan 1 kompilasi, album-album tersebut dirilis oleh jajaran label ternama diantaranya Atomic Fire Records, Nuclear Blast, dan Fractured Transmitter.

Members aktif

  • Jens Kidman (vocal)
  • Fredrik Thordendal (guitar/lead)
  • Mårten Hagström (guitar/rythem)
  • Dick Lövgren (bass)
  • Tomas Haake (drum)

 

Tinggalkan Komentar ...

Baca Juga

Album Baru Wafat: Musiknya Death Metal Liriknya Feminisme

Pada umumnya band death metal sangat identik dengan tema-tema menyeramkan yang diambil dari kehidupan nyata maupun cerita fiksi. Beberapa diantaranya juga ada yang mengangkat tema perlindungan hewan hingga kerusakan lingkungan yang diversikan ke dalam musik death metal. Namun berbeda dengan salah satu band death metal asal Surabaya, WAFAT. Meskipun sudah tidak lagi berdarah-darah lagi, dengan […]

Pernah Dengar Death Metal Etnik Lombok Timur? Ini Dia Cranial Disorder

Kabar hangat datang dari salah satu squad death metal asal Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, CRANIAL DISORDER. Pada 05/11/2022 kemarin mereka resmi melesatkan demo yang diris oleh label ekstrem asal Banjarnegara, Jawa Tengah yaitu Dismembered Records. Dua track yang berjudul “Exalting the Perversion” dan “Traitor” merupakan penanda akan hadirnya album perdana yang akan datang. Materi […]