Pernah Dengar Death Metal Etnik Lombok Timur? Ini Dia Cranial Disorder

Cranial Disorder
Personil Cranial Disorder

Kabar hangat datang dari salah satu squad death metal asal Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, CRANIAL DISORDER. Pada 05/11/2022 kemarin mereka resmi melesatkan demo yang diris oleh label ekstrem asal Banjarnegara, Jawa Tengah yaitu Dismembered Records. Dua track yang berjudul “Exalting the Perversion” dan “Traitor” merupakan penanda akan hadirnya album perdana yang akan datang.

Materi album CRANIAL DISORDER ternyata sudah direkam di dua studio yang berbeda (studio pribadi Cranial Disorder dan juga studio di Bali) total ada 9 track yang bakalan masuk ke tahap mixing dan mastering. 9 track tersebut di kerjakan oleh Ifan dari sick studio, Tuban, Jatim sebagai eksekutor dan selanjutnya materi-materi tersebut akan dikirimkan ke pihak label Dismembered Records serta pembuatan artwork untuk cover album.

Dari segi konsep lirik yang mereka usung di album mendatang merupakan cerita fiksi yang terinspirasi dari film horror thriller random, sedangkan dari segi musikalitasnya sendiri tidak jauh berbeda dengan single 2019 berjudul “Traitor”, yang menjadi pembeda hanya dari segi tempo agak di percepat, selebihnya tetap sama.

Cranial Disorder Kolaborasi Dengan Dalang Pewayangan Asli Lombok

Logo Cranial Disorder

Namun yang menjadi daya tarik di album mereka terdapat satu track yang merupakan hasil dari kolaborasi bersama Ki Dalang Wildan, yaitu dalang pewayangan asli Lombok dan beliau juga mengisi beberapa part vokal di lagu tersebut, mereka juga menambahkan beberapa instrumen midi seperti suara gamelan agar terdengar lebih estetik dan khas.

Untuk judul lagu tersebut masih mereka rahasiakan, yang bertujuan agar penikmat musik mereka bisa mengapresiasi dan mendengarkan karya-karya mereka secara fisik. Di salah satu track tersebut Ki Dalang Wildan menceritakan tentang kisah seseorang yang jahat pada zaman kerajaan kuno nusantara dengan menggunakan bahasa Lombok kuno atau bahasa sasak.

Member’s :
β€’ Max (vocal)
β€’ Alan HF (guitar)
β€’ Ijakull (bass)
β€’ Faruq (drum)

One thought on “Pernah Dengar Death Metal Etnik Lombok Timur? Ini Dia Cranial Disorder

Tinggalkan Komentar ...

Baca Juga

Album Baru Wafat: Musiknya Death Metal Liriknya Feminisme

Pada umumnya band death metal sangat identik dengan tema-tema menyeramkan yang diambil dari kehidupan nyata maupun cerita fiksi. Beberapa diantaranya juga ada yang mengangkat tema perlindungan hewan hingga kerusakan lingkungan yang diversikan ke dalam musik death metal. Namun berbeda dengan salah satu band death metal asal Surabaya, WAFAT. Meskipun sudah tidak lagi berdarah-darah lagi, dengan […]

Tech-Metal Yang Mengagumkan, MESHUGGAH Hadirkan “They Move Below”

Pelopor tech-metal ekstrim Swedia MESHUGGAH telah merilis video musik berjudul “They Move Below”. Klip tersebut dikerjakan Wizardhead dan diedit oleh Edvard Hansson. Keseluruhan video diproduksi dengan bantuan program AI (adobe illustrator) untuk mempolesi gambar berdasarkan interpretasi tiap personil MESHUGGAH terhadap tema dalam musik dan judul lagu. “They Move Below”Β diambil dariΒ album kesembilan MESHUGGAH bertajuk “Immutable”. Album […]