NORTHORN Kumandangkan Seni Menyakitkan Melalui Single ‘Inner Temple’

Northorn Band Members

NORTHORN merupakan band Depressive Suicidal Black Metal (DSBM) asal Kota Manado, Sulawesi Utara. 15 April 2020 kemarin, mereka mengumandangkan single terbaru berjudul ‘Inner Temple‘, yang di unggah Youtube oleh label mereka asal Austria, Talheim Records.

Single ini merupakan darah segar bagi NORTHORN untuk segera meluncurkan album terbaru mereka yang akan di rilis tahun ini yaitu ‘The Art of Destruction‘, atau kalau dalam bahasa Indonesia berarti Seni Penghancuran. Ini merupakan lanjutan dari EP albumnya yang dirilis pada tahun 2017. Seni penghancuran adalah pengantar karya tulis, lukisan, dan karya seni visual Stevan yang menjadi sebuah ilustrasi pekat di album ini.

Sebelum menyebarkan seni  menyakitkan, Tahun 2011 silam NORTHORN adalah one man band yang di gawangi oleh Stevan atau yang biasa disebut Baphomet sebagai multi-instrumentalisnya. Seiring berjalannya waktu ada penambahan personil yaitu Diabolica (Gitar), Jai (Bass) dan Rivadditional drum serta merangkap sebagai ilustrator/art.

Secara tematik, lirik lagu ‘Inner Temple‘ ini menggambarkan jiwa-jiwa yang candu terhadap penghukuman diri sendiri, sehingga mereka menyebutnya sebagai penyiksaan diri atau bisa di sebut dengan selfharm. Hal ini merupakan salah satu bentuk dari meditasi yang di terapkan dalam live performance NORTHORN.

Materi-materi lama yang dikemas kembali di album yang akan datang ini lebih mengeksplor dari komposisi sound seperti penggabungan antara karakter Thrash Metal dan Doom. Karena sebelumnya NORTHORN cenderung dengan karakter sound yang gloomy dan kotor. Permainan musik NORTHORN dipengaruhi oleh veteran black metal seperti SHINING, NOCTURNAL DEPRESSION, AUSTERE, TRIST, GORGOROTH dan juga DISSECTION.

Pada saat berbincang dengan Metallagi.com, Stevan mengungkapkan kalau seluruh materi yang diusung banyak makna di dalamnya. “Di album ‘The Art Of Destruction’ ini saya tekankan dari isi keseluruhan, mulai dari artwork menggunakan full darah, lirik juga tentang experience ku dengan selfharm, sampai video klip, dan live perform sekalipun. Mungkin hanya beberapa band di Indonesia mengambil part lirik, art, atau live perform. Setauku belum ada yang secara tematik mengangkat penghancuran diri sebagai tema keseluruhan”, ujar Stevan.

One thought on “NORTHORN Kumandangkan Seni Menyakitkan Melalui Single ‘Inner Temple’

Tinggalkan Komentar ...

Baca Juga

Anthem baru Fingerprint Untuk Sapa Kamu Para Pengembara Jalanan

FINGERPRINT, band hardcore asal Medan, merilis karyanya di bulan Juli 2021 ini. Diawali dengan perilisan single “Dongan Sahuta” tanggal 7 Juli 2021. Selang dua hari, mereka mengumumkan perilisan album ketiga bertajuk “Determinasi” yang resmi dirilis tanggal 9 juli 2021 dalam versi CD oleh Lawless Records Jakarta. Dan versi kaset pita oleh Disaster Records. Album ini […]

Foreplay Sebelum Penetrasi Klimaks, WARBLOOD FEST Adakan Live Sessions

WARBLOOD FEST sudah berjalan hingga chapter delapan. Harusnya bulan Juli 2021 ini lagi akan digelar yang kesembilan. Namun sayang, karena kondisi PPKM darurat memaksa mereka mengurungkan niatnya. Padahal udah siap banget nih acara digelar. WARBLOOD FEST kesembilan rencananya akan di adakan di salah satu tempat di Penanjakan Bromo seperti acara Mountains of Death gitu, sih. […]