NORTHORN Kumandangkan Seni Menyakitkan Melalui Single ‘Inner Temple’

Northorn Band Members

NORTHORN merupakan band Depressive Suicidal Black Metal (DSBM) asal Kota Manado, Sulawesi Utara. 15 April 2020 kemarin, mereka mengumandangkan single terbaru berjudul ‘Inner Temple‘, yang di unggah Youtube oleh label mereka asal Austria, Talheim Records.

Single ini merupakan darah segar bagi NORTHORN untuk segera meluncurkan album terbaru mereka yang akan di rilis tahun ini yaitu ‘The Art of Destruction‘, atau kalau dalam bahasa Indonesia berarti Seni Penghancuran. Ini merupakan lanjutan dari EP albumnya yang dirilis pada tahun 2017. Seni penghancuran adalah pengantar karya tulis, lukisan, dan karya seni visual Stevan yang menjadi sebuah ilustrasi pekat di album ini.

Sebelum menyebarkan seni  menyakitkan, Tahun 2011 silam NORTHORN adalah one man band yang di gawangi oleh Stevan atau yang biasa disebut Baphomet sebagai multi-instrumentalisnya. Seiring berjalannya waktu ada penambahan personil yaitu Diabolica (Gitar), Jai (Bass) dan Rivadditional drum serta merangkap sebagai ilustrator/art.

Secara tematik, lirik lagu ‘Inner Temple‘ ini menggambarkan jiwa-jiwa yang candu terhadap penghukuman diri sendiri, sehingga mereka menyebutnya sebagai penyiksaan diri atau bisa di sebut dengan selfharm. Hal ini merupakan salah satu bentuk dari meditasi yang di terapkan dalam live performance NORTHORN.

Materi-materi lama yang dikemas kembali di album yang akan datang ini lebih mengeksplor dari komposisi sound seperti penggabungan antara karakter Thrash Metal dan Doom. Karena sebelumnya NORTHORN cenderung dengan karakter sound yang gloomy dan kotor. Permainan musik NORTHORN dipengaruhi oleh veteran black metal seperti SHINING, NOCTURNAL DEPRESSION, AUSTERE, TRIST, GORGOROTH dan juga DISSECTION.

Pada saat berbincang dengan Metallagi.com, Stevan mengungkapkan kalau seluruh materi yang diusung banyak makna di dalamnya. “Di album ‘The Art Of Destruction’ ini saya tekankan dari isi keseluruhan, mulai dari artwork menggunakan full darah, lirik juga tentang experience ku dengan selfharm, sampai video klip, dan live perform sekalipun. Mungkin hanya beberapa band di Indonesia mengambil part lirik, art, atau live perform. Setauku belum ada yang secara tematik mengangkat penghancuran diri sebagai tema keseluruhan”, ujar Stevan.

One thought on “NORTHORN Kumandangkan Seni Menyakitkan Melalui Single ‘Inner Temple’

Tinggalkan Komentar ...

Baca Juga

VOX MORTIS: Musik Metal Dan Gerakan Kampanye Kesejahteraan Hewan

Tidak lagi identik dengan tema-tema kematian dan depresi, musik death metal yang diusung oleh band kawakan asal Jakarta, VOX MORTIS, punya jalan ninja yang berbeda. Mereka membawa isu kesejahteraan hewan sebagai sajian utama. Band baru yang dibentuk oleh para musisi kondang Jakarta ini, yakni Doni Herdaru Tona (FUNERAL INCEPTION), Achmad Mustaid (VOMITOLOGY) dan Donirro (LAST […]

BELLPANIC, Psychedelic Rock Pasuruan Rilis “Drunk In Blues”

Musik rock dan berbagai subgenre-nya tampak seolah mati di Kota Pasuruan. Lajunya lambat terseok-seok. Sangat jarang ditemui event maupun kelompok musik rock yang menonjok di kota “inspiring city” ini. Band-band grunge dan punk pun juga tak ada taring. Paling banter anak-anak metal tongkrongan Orgi Studio dan Pasuruan Under Divison yang rajin membuat gigs musik cadas. […]