VOX MORTIS: Musik Metal Dan Gerakan Kampanye Kesejahteraan Hewan

Vox Mortis Band Members

Tidak lagi identik dengan tema-tema kematian dan depresi, musik death metal yang diusung oleh band kawakan asal Jakarta, VOX MORTIS, punya jalan ninja yang berbeda. Mereka membawa isu kesejahteraan hewan sebagai sajian utama.

Band baru yang dibentuk oleh para musisi kondang Jakarta ini, yakni Doni Herdaru Tona (FUNERAL INCEPTION), Achmad Mustaid (VOMITOLOGY) dan Donirro (LAST BLOOD) merilis dua debut lagu berjudul “Primata Durjana” dan “Forever No To Dog Meat” pada 9 September 2020. Lagu ini dapat didengarkan di berbagai platform digital di antaranya Joox, iTunes, Deezer dan, Spotify.

Personil band, Doni, memberikan informasi kepada metallagi.com alasan mereka mengangkat isu kesejahteraan hewan.

“Kami fokus pada dua hewan domestik yang paling tidak mendapatkan perlindungan yakni anjing dan kucing. Anda pasti setuju jika perjuangan tidak melulu soal perang, pula melalui diskusi dan diplomasi. Sementara kami siap untuk bertumpah darah, sisi diplomasi juga tidak dikesampingkan. VOX MORTIS adalah pengejawantahan dua sisi itu,” jelas Doni.

Ini adalah sesuatu yang baru di kancah musik death metal nusantara. Secara musikal, musik mereka tetap pada pakem death metal yang temponya cukup kencang dengan blast beat yang bertubi-tubi menghantam. Selain itu, suara vokal cukup berat dan menggerutu menambah kesan amarah yang maksimal.

VOX MORTIS punya komitmen yang cukup tinggi terhadap misi agitasi dan propaganda kesejahteraan hewan. Doni mengatakan bahwa selama ada masalah terkait kesejahteraan hewan mereka akan terus bersuara.

“Ke depan akan terus melakukan agitasi dan propaganda untuk kesejahteraan hewan selama hal tersebut diperlukan,” kata Doni.

VOX MORTIS sekaligus menunjukkan bahwa musik tidak harus kaku bersuara mengikuti tren yang ada. Death metal tidak harus tema itu-itu saja. Musisi manapun, sudah seharusnya menuangkan kegelisahan ke dalam lirik dan lagu. Karena musik adalah bahasa universal.

Cukup sampai artikel ini. Baca artikel serupa tentang metal dan kesejahteraan hewan di metallagi media. Sekian terima kasih telah membaca.

Simak debut lagu Vox Mortis, “Primata Durjana” dan Forever No To Dog Meat”

Tinggalkan Komentar ...

Baca Juga

Anthem baru Fingerprint Untuk Sapa Kamu Para Pengembara Jalanan

FINGERPRINT, band hardcore asal Medan, merilis karyanya di bulan Juli 2021 ini. Diawali dengan perilisan single “Dongan Sahuta” tanggal 7 Juli 2021. Selang dua hari, mereka mengumumkan perilisan album ketiga bertajuk “Determinasi” yang resmi dirilis tanggal 9 juli 2021 dalam versi CD oleh Lawless Records Jakarta. Dan versi kaset pita oleh Disaster Records. Album ini […]

Foreplay Sebelum Penetrasi Klimaks, WARBLOOD FEST Adakan Live Sessions

WARBLOOD FEST sudah berjalan hingga chapter delapan. Harusnya bulan Juli 2021 ini lagi akan digelar yang kesembilan. Namun sayang, karena kondisi PPKM darurat memaksa mereka mengurungkan niatnya. Padahal udah siap banget nih acara digelar. WARBLOOD FEST kesembilan rencananya akan di adakan di salah satu tempat di Penanjakan Bromo seperti acara Mountains of Death gitu, sih. […]