Imbas Covid-19, ABORTED Gagal Tour, Rugi Hingga Hampir Satu Milyar Rupiah

Aborted Band Members

ABORTED, unit death metal asal Waregem, Belgia, pasrah. Mereka babak belur dihajar pandemik covid-19. Bukan terinfeksi, namun mereka dibuat sengsara lantaran rugi hampir 1 Miliar atau 60 ribu dollar AS. Padahal band yang baru saja mengeluarkan EP, ‘La Grande Mascarade‘ itu sangat bersemangat sekali untuk berpesta dalam peluncuran album barunya. Mereka bakal tour album bersama dedengkot Grindcore dunia, NAPALM DEATH di Amerika Utara yang sudah dijadwalkan jauh-jauh hari sebelum wabah merebak.

Tidak ada yang mengira pandemi covid-19 ini bisa merugikan banyak terhadap semua musisi-musisi maupun yang lainnya. Sven De Caluwe, frontman ABORTED mengatakan bahwa rugi mereka telah terlanjur mencetak merchandise. “Banyak kerugian yang di alami oleh ABORTED, antara lain banyak merchandise yang sudah dicetak kurang lebih mencapai 40 Ribu dollar, penerbangan yang sudah di pesan dan visa yang sudah diperoleh kurang lebih 10 ribu dollar dengan tetapi kemungkinan sudah tidak akan di pakai lagi, semua memperkirakan band ini sudah keluar sekitar 60 ribu dollar”, kata dia.

Sven De Caluwe tidak menutup kesempatan bagi penggemar yang ingin tetap membeli merchandise. Ia menekankan bahwa tidak ada paksaan jika ingin membeli. Tidak membeli pun tidak apa. Menurutnya, memastikan bahwa para penggemar tetap dalam kondisi baik-baik saja lebih penting.

“Kami memiliki semua merch yang tersedia di situs IndieMerch, jadi jika ada  orang ingin membeli beberapa barang yang telah mereka rencanakan untuk dibeli di tour, silakan saja. Ini akan banyak membantu kami.  Pada saat yang sama, saya pikir ini bukan tempat saya untuk memberi tahu orang-orang di mana mereka harus membelanjakan uang mereka, ada banyak orang dalam masa sulit. Lebih penting bagi saya untuk mengetahui bahwa penggemar aman, pastikan anda baik-baik saja, dan semuanya akan kembali normal”, harap Sven.

“Kami tidak akan melakukan GoFundMe atau meminta uang karena saya pikir sekarang bukan saatnya untuk melakukannya. Kami akan melakukan apa yang kami bisa untuk menjadi baik-baik saja. Dukung kami dengan cara apa pun yang Anda bisa jika Anda memiliki sedikit uang, beli baju, tetapi saya tidak akan meminta uang”, imbuh Sven.

Tinggalkan Komentar ...

Baca Juga

SOREM: Batik Adalah Atribut Bangsa Merdeka dan Berdaulat

Mereka adalah SOREM, Band black metal “nyeleneh” asal Probolinggo, Jawa Timur. Para pecandu musik hitam di wilayah tapal kuda pasti sudah tahu band ini. Saat ada event, band ini tentu menyedot perhatian. Yap, pakaian yang mereka kenakan adalah penyebabnya. Di saat mayoritas band black metal lain berlomba-lomba tampil garang dengan kostum yang terkesan nyaris meniru […]

Lagu Baru MOUTHLESS “Perompak Zaman” Tampar Para Pendengarnya

MOUTHLESS band death metal dari Jakarta telah merilis lagu berjudul “Perompak Zaman” September 2021 lalu. Lagu baru mereka ini adalah ekspresi kondisi sosial di era pandemi sekarang. Di mana pandemi telah berhasil menelanjangi manusia dan mempertontonkan sifat terkelamnya. Yakni, manusia memiliki sifat yang tidak pernah merasa cukup untuk menyengsarkan sesamanya. Menurut drummer MOUTHLESS, Gilang Muhammad […]