Lagu baru Instigates: Kisah Pengkhianatan Sebagai Senjata Perang

adhe 25 Januari 2023

Prasasti dari jaman kuno merupakan salah satu bukti akan sejarah di masa lalu, namun beberapa di antaranya terdapat sisi kelam yang belum terukir. Hal tersebut merupakan analogi INSTIGATES yang ditulis ke dalam lirik lagu baru mereka yang berjudul “Death Comes To You”.

Band asal Surabaya meirilis video yang berdurasi 5 menit 17 detik dan dikemas secara epik dengan suguhan teatrikal yang memukau di dalamnya. Video klip Death Comes To You sudah disebarluaskan tanggal 24 Januari kemarin melalui akun Youtube Instigates.

Pasca perilisan video klip pertama berjudul “Path Of Slavery” bulan Juli tahun 2022 kemarin yang mengusung tema lirik tentang perbudakan dan keserakahan, di video klip kedua kali ini INSTIGATES menceritakan tentang pengkhianatan yang terjadi pada perjanjian lama pada suatu kerajaan yang pernah ada di Indonesia. Namun di artikel ini tidak akan disebutkan nama kerajaannya.

Death Comes To You menceritakan tentang pengkhianatan yang sudah diterapkan sebagai strategi perang pada jaman kerajaan dahulu kala. Hal tersebut bertujuan untuk menghancurkan suatu sistem, di mana strategi itu menjadi ujung tombak demi berdirinya sistem yang lain.

Selain pengkhianatan, terror juga menjadi bagian dari strategi perang yang mengandalkan kekuatan pasukan agar tak terkalahkan. Mungkin saja, hal tersebut juga relevan dengan era modernisasi saat ini yang masih menerapkan sistem kerajaan yang melekat di berbagai aspek kehidupan.

Lagu tersebut merupakan salah satu trek yang ada di debut album mereka bertajuk “Victims of Deception”. Album tersebut dirilis oleh label ekstrem asal Surabaya, Grinders Records pada Januari tahun 2022 kemarin.

Dalam proses pengerjaan di video klip kedua kali ini INSTIGATES mengubah transisi personil di bagian drum, yang awalnya diisi oleh Fajar Ch (Sodor)  kemudian diisi oleh Iman personil baru mereka sebagai drum. Band asal Surabaya yang berdiri tahun 2016 dan mengalami bongkar pasang personil. Dan untuk line up INSTIGATES saat ini diperkuat oleh Waluyo (vokal), Tomy (gitar), Rio (bass) dan Iman (drum).

Dalam pengerjaan video klip “Death Comes To You” INSTIGATES bekerja sama dengan Visual Artis asal Surabaya yaitu ILLUMI (Ryan Herdiansyah sebagai sutradara dan Eiash sebagai salah satu talent utama), Adhim Musyafa, special guest talent asal Lamongan. Untuk videografer Neomink dikerjakan oleh Neo General Code, dan juga talent-talent dari anggota UKM Seni Amukthi Wijaya, UKM teater Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.

Pengambilan video klipnya sendiri INSTIGATES mengerjakan di dua tempat yang berbeda. Yang pertama di Musical Studio, Surabaya sebagai visualisasi instrument. Dan yang kedua pengambilan video klip tersebut di kerjakan di wisata Puncak Wangi, Babat, Lamongan.

CREDIT

Music: Fatomy

Lyric: Rio

Directed & Written by ILLUMI (Ryan)

Producer by Instigates

Director Of Video by NG Code Neomink (amink)

Mixing & Mastering by Yasa Vamos Record Studio

Guitar, Bass, Drum Recorded At Vamos Record Studio, Malang East Java, Indonesia

Vocal Recorded At Inferno Studio, Surabaya East Java, Indonesia

Realization and Production At Bulaga Pucak Wangi

And MUSICAL STUDIO Surabaya East Java, Indonesia.

 

Lirik Lagu Instigates “Death Comes to You”

Horizon Signed A Hope

To The Victory Of The Traitors

Shoreline Kindly Greet Their Arrogance

To The Cage Of Terrible Assassination

Unforgotten Disgrace Runs To A Mistake

 

To The Second Time They Have Another One

No Matter How Many Lives I Would Take

In Secrecy, This Land Would Be Your Grave

Prepare Your Death!

 

Your Wish, Having Me Bow To You

With My Tribute For Your Imperial Contribution

The Death Of Your Men Is The Answer For You

Releasing The Beast Inside For Rebellion

 

Drown In A Joy Of A Fulfilled Revenge

Losing Your Awareness To Die

The End Of Your Life Is Near Your Breath

Because I Am Your Death

 

Spilling Blood For Breaking Trust

Deadly Massacre In A Silent Night

Bloody Spears And Swords Drained Into Rust

I Am The Enemy You Terrified

 

Drown In A Joy Of A Fulfilled Revenge

Losing Your Awareness To Die

The End Of Your Life Is Near Your Breath

Because I Am Your Death

That Comes To You

Adhe Crusher

Penulis adalah vokalis Berantai, juga anchor di Night Distortion. Sentuh dia melalui instagram @adhe_crusher

    Tinggalkan komentar

    Artikel Terkait