Mendengarkan Musik Avant-Garde dan Menembus Batas Imaji di Album Baru KEKAL ‘Quantum Resolution’

Kekal Quantum Resolution Album Cover

“Dengan begitu, ketika mendengarnya seperti sedang menyusuri hutan belantara yang penuh misteri dan tiba-tiba saja mengantarkan kita menembus batas-batas imaji lalu sampai di tempat yang sama sekali berbeda dimensi, berada di masa depan”

Malang-melintang selama 25 tahun dalam kegelapan kosmik musik eksperimental, band avant-garde metal asal Jakarta, KEKAL rilis album “Quantum Resolution” pada bulan Agustus 2020.

Lazimnya genre avant-garde, KEKAL dalam album ke-12 mereka, “Quantum Resolution” diracik dengan komposisi musik yang dominan dengan aransemen instrumental. Namun lebih dari sekadar instrumentalia belaka, unsur elektrodinamika juga ditambahkan menambah kesan kemegahan musik modern.

Dengan begitu, ketika mendengarnya, kita seperti sedang menyusuri hutan belantara yang penuh misteri dan tiba-tiba saja mengantarkan kita menembus batas-batas imaji lalu sampai di tempat yang sama sekali berbeda dimensi, berada di masa depan, entahlah cukup abstrak memang.

Quantum Resolution” pada dasarnya memuat lirik dan makna yang begitu dalam. Yang menurut sang penulis lirik, Jeff Arwadi, mengatakan bahwa album ini bercerita tentang perjalanan spiritualitas yang terpaku kepada siapa kita sebenarnya, sebagai spesies atau sebagai kemanusiaan, dan ke mana kita akan pergi. Liriknya menggali sejarah kelam kita dari masa lalu yang jauh, dan juga menggali ke dalam waktu dan masa depan.

Lagu -lagu milik KEKAL memang diciptakan untuk menghilangkan kebutuhan akan klasifikasi agar pendengar dapat menikmati dan mendengarkan musik tanpa harus memahaminya terlebih dahulu. Bicara perihal lagu, memang tidak sesempit memahami lirik belaka. Tapi, lebih dari itu, lagu yang keren adalah lagu yang bisa merasuk jiwa (serem sih). Nah KEKAL mampu melakukan itu. Membuat orang yang mendengarkan lagu seperti kesurupanlah kira-kira.

Eksekutor perilisan “Quantum Resolution” adalah label asal Nganjuk, Eastbreath Records, yang memang dikenal sebagai label yang rajin merilis band-band dengan genre metal out of the box seperti EMPERIUM asal Filipina, BETRAYAL CRIMSON asal Bandung, HORUS asal Bengkulu, dan masih banyak lagi.

Album ini sangat direkomendasikan bagi kamu pecinta musik eksperimental, avant-garde, hingga progressive rock dan metal. Cocok didengarkan dalam suasana yang tenang. Jika tertarik segera dengarkan. Album KEKALQuantum Resolution dicetak dan dikemas dalam bentuk CD versi slipbox dalam jumlah terbatas hanya 50 copy, versi CD 450 copy, merchandise dan juga sudah tersedia dalam format digital seperti Spotify, Itunes, Deezer, Joox dan juga Bandcamp, dan lain-lain.

Sekian artikel ini, terus ikuti informasi-informasi terbaru lainnya seputar musik cadas tanah air hanya di metallagi.com.