Album Baru FRAUD ‘Sanctuary’ Dan Penolakan Keseragaman Dogma

fraud band members

Hardcore andalan Surabaya, FRAUD, senin (31/3) lalu merilis album ketiga mereka di Lawless Burgerbar, Jakarta. Dengan menggandeng BLACKANDJE, mereka merilis album ‘Sanctuary‘. Album ini dirilis bertepatan dengan satu dekade kiprah mereka di jagat musik keras Indonesia.

Makna yang terkandung dalam album ‘Sanctuary‘ cukup filosofis. Arti dari titel album itu adalah Suaka. Yang mana menceritakan bahwa setiap manusia dalam suakanya bebas mencari kebenarannya masing-masing. Selain itu ‘Sanctuary‘ merupakan penolakan manusia terhadap keseragaman dogma yang dijejalkan oleh generasi lama sebagai kebenaran mutlak yang harus diwariskan dan dijalankan oleh generasi berikutnya.

Vokalis FRAUD, Bayu Hastutama, menuturkan substansi album ‘Sanctuary‘. “Di album ini, saya mau menceritakan tentang upaya sebuah generasi keluar dari dogma sesat yang diwariskan leluhurnya. Menurutku, tidak semua doktrin warisan harus ditelan mentah-mentah. Kita sebagai manusia memiliki hak untuk mencari kebenaran menurut kita masing-masing, dan memangkas rantai doktrin,” terang Bayu Hastutama.

Band hardcore ini punya karakter musik yang membuat pendengarnya bergairah. Karena komposisi musik yang mereka usung dipadukan dengan nuansa metal dengan riff gitar yang thrashy beradu dengan ritme kick drum yang dinamis.

Album FRAUD ini diproduksi di dua studio yang berbeda. Yakni Inferno Studio (Surabaya) dan Fun House Studio (Bandung). Ini adalah bentuk eksperimen yang ciamik dalam menemukan sound yang megah. Karena dua album sebelumnya, tidak se-metal ini.

FRAUD diperkuat oleh 4 orang personil. Yaitu Bayu Hastutama (vokalist), Keceng sebagai guitarist, Soullamb (bassist), dan Rama Nada (drummer).

Kamu dapat mendengarkan salah satu lagu dalam album ini di video klip ‘The Prophecy‘. Album ini wajib menjadi koleksi kamu. Tunggu apa lagi segera miliki dapatkan di toko-toko rilisan fisik terdekat.

Berikut daftar lagu yang ada di album ‘Sanctuary‘:

  1. Valley of Fire
  2. Live with The Pain
  3. Resentment
  4. Tell the Truth
  5. The World Cursing Me
  6. Kontra Martir
  7. The Prophecy
  8. Warfare
  9. Words of Wisdom
  10. Kultur Dogmatis

Sekian artikel ini. Semoga bermanfaat bagi kamu. Kunjungi metallagi.com agar kamu mendapatkan informasi musik-musik cadas tanah air yang menarik lainnya. Kamu juga bisa menjadi kontributor dalam website. Opini dan lain sebagainya, kirim ke alamat redaksi metallagimedia@gmail.com . Terima kasih telah membaca.

One thought on “Album Baru FRAUD ‘Sanctuary’ Dan Penolakan Keseragaman Dogma

Tinggalkan Komentar ...

Baca Juga

SOREM: Batik Adalah Atribut Bangsa Merdeka dan Berdaulat

Mereka adalah SOREM, Band black metal “nyeleneh” asal Probolinggo, Jawa Timur. Para pecandu musik hitam di wilayah tapal kuda pasti sudah tahu band ini. Saat ada event, band ini tentu menyedot perhatian. Yap, pakaian yang mereka kenakan adalah penyebabnya. Di saat mayoritas band black metal lain berlomba-lomba tampil garang dengan kostum yang terkesan nyaris meniru […]

Lagu Baru MOUTHLESS “Perompak Zaman” Tampar Para Pendengarnya

MOUTHLESS band death metal dari Jakarta telah merilis lagu berjudul “Perompak Zaman” September 2021 lalu. Lagu baru mereka ini adalah ekspresi kondisi sosial di era pandemi sekarang. Di mana pandemi telah berhasil menelanjangi manusia dan mempertontonkan sifat terkelamnya. Yakni, manusia memiliki sifat yang tidak pernah merasa cukup untuk menyengsarkan sesamanya. Menurut drummer MOUTHLESS, Gilang Muhammad […]