Album Baru FRAUD ‘Sanctuary’ Dan Penolakan Keseragaman Dogma

fraud band members

Hardcore andalan Surabaya, FRAUD, senin (31/3) lalu merilis album ketiga mereka di Lawless Burgerbar, Jakarta. Dengan menggandeng BLACKANDJE, mereka merilis album ‘Sanctuary‘. Album ini dirilis bertepatan dengan satu dekade kiprah mereka di jagat musik keras Indonesia.

Makna yang terkandung dalam album ‘Sanctuary‘ cukup filosofis. Arti dari titel album itu adalah Suaka. Yang mana menceritakan bahwa setiap manusia dalam suakanya bebas mencari kebenarannya masing-masing. Selain itu ‘Sanctuary‘ merupakan penolakan manusia terhadap keseragaman dogma yang dijejalkan oleh generasi lama sebagai kebenaran mutlak yang harus diwariskan dan dijalankan oleh generasi berikutnya.

Vokalis FRAUD, Bayu Hastutama, menuturkan substansi album ‘Sanctuary‘. “Di album ini, saya mau menceritakan tentang upaya sebuah generasi keluar dari dogma sesat yang diwariskan leluhurnya. Menurutku, tidak semua doktrin warisan harus ditelan mentah-mentah. Kita sebagai manusia memiliki hak untuk mencari kebenaran menurut kita masing-masing, dan memangkas rantai doktrin,” terang Bayu Hastutama.

Band hardcore ini punya karakter musik yang membuat pendengarnya bergairah. Karena komposisi musik yang mereka usung dipadukan dengan nuansa metal dengan riff gitar yang thrashy beradu dengan ritme kick drum yang dinamis.

Album FRAUD ini diproduksi di dua studio yang berbeda. Yakni Inferno Studio (Surabaya) dan Fun House Studio (Bandung). Ini adalah bentuk eksperimen yang ciamik dalam menemukan sound yang megah. Karena dua album sebelumnya, tidak se-metal ini.

FRAUD diperkuat oleh 4 orang personil. Yaitu Bayu Hastutama (vokalist), Keceng sebagai guitarist, Soullamb (bassist), dan Rama Nada (drummer).

Kamu dapat mendengarkan salah satu lagu dalam album ini di video klip ‘The Prophecy‘. Album ini wajib menjadi koleksi kamu. Tunggu apa lagi segera miliki dapatkan di toko-toko rilisan fisik terdekat.

Berikut daftar lagu yang ada di album ‘Sanctuary‘:

  1. Valley of Fire
  2. Live with The Pain
  3. Resentment
  4. Tell the Truth
  5. The World Cursing Me
  6. Kontra Martir
  7. The Prophecy
  8. Warfare
  9. Words of Wisdom
  10. Kultur Dogmatis

Sekian artikel ini. Semoga bermanfaat bagi kamu. Kunjungi metallagi.com agar kamu mendapatkan informasi musik-musik cadas tanah air yang menarik lainnya. Kamu juga bisa menjadi kontributor dalam website. Opini dan lain sebagainya, kirim ke alamat redaksi metallagimedia@gmail.com . Terima kasih telah membaca.

Tinggalkan Komentar ...

Baca Juga

VOX MORTIS: Musik Metal Dan Gerakan Kampanye Kesejahteraan Hewan

Tidak lagi identik dengan tema-tema kematian dan depresi, musik death metal yang diusung oleh band kawakan asal Jakarta, VOX MORTIS, punya jalan ninja yang berbeda. Mereka membawa isu kesejahteraan hewan sebagai sajian utama. Band baru yang dibentuk oleh para musisi kondang Jakarta ini, yakni Doni Herdaru Tona (FUNERAL INCEPTION), Achmad Mustaid (VOMITOLOGY) dan Donirro (LAST […]

BELLPANIC, Psychedelic Rock Pasuruan Rilis “Drunk In Blues”

Musik rock dan berbagai subgenre-nya tampak seolah mati di Kota Pasuruan. Lajunya lambat terseok-seok. Sangat jarang ditemui event maupun kelompok musik rock yang menonjok di kota “inspiring city” ini. Band-band grunge dan punk pun juga tak ada taring. Paling banter anak-anak metal tongkrongan Orgi Studio dan Pasuruan Under Divison yang rajin membuat gigs musik cadas. […]