Ada Andre SIKSA KUBUR dan Josh ASPHYXIATE di album DISOBEDIENCE milik EXPENDIENCY

Expendiency Band Members

Band brutal death metal asal kota Bogor, EXPENDIENCY telah merilis album baru dengan judul ‘Disobedience‘. Secara resmi mereka mengumumkan pada 14 Agustus 2020 lalu pada akun resmi media sosialnya. Band yang digawangi oleh Muhammad Ipul Nasution (vokal), Aditia Ramdhan (gitar), dan Katon Gilang (drum) ini menggarap album barunya sejak tahun 2018. Itu bersamaan dengan bergabungnya mereka secara resmi bersama label asal Jerman, Rising Nemesis Records dan diawali dengan merilis single berjudul “Sign of Eternal Repentance“.

Di album baru ini, yang bertitel ‘Disobedience’, EXPENDIENCY menawarkan 8 track lagu dengan konsep musik yang kental akan brutal death metal ala Amerika. Sang gitaris, Aditia Ramadhan mengatakan, guna menambah nuansa yang sarat akan kebrutalan musikalitasnya, mereka rnenggandeng beberapa musisi, seperti Josh (ASPHYXIATE), Andre Tiranda (SIKSA KUBUR) dan Batu Cetin (CENOTAPH, MOLESTED DIVINITY) dari Turki.

“Dari awal sign dengan label lantas rilis promo, kita sempat show di beberapa kola di pulau Jawa dan tour Bali 2019 bersama CHALERA, proses fokus penggarapan rekaman dari bulan Oktober 2019 sampai dengan Mei 2020 kemaren, kendala hanya diwaktu kesibukan masing-masing saja, sama menunggu rekanan untuk kolaborasi dari beberapa musisi; dengan Josh ASPHYXIATE, Andre Tiranda SIKSA KUBUR dan Batu Cetin CENOTAPH / MOLESTED DIVINITY dari Turki ” terang pria yang akrab disapa Adit ini.

Adit memberi keterangan kepada metallagi.com bahwa dalam proses penggarapan materi, mereka melakukan di dua studio berbeda. Untuk recording gitar, bass, dan vokal hingga mixing dan mastering di Gubuckgor Studio, Bogor. Sedangkan untuk recording drum di Rocky Studio, Bogor. Artwork cover album dipercayakan kepada Yowdi Art Space/Pixel Warfare dari Bandung. Serta layout cover di garap oleh Mrfck Illustration (pungky vocalis MURTAD) yang juga dari Bandung. Font EXPENDIENCY awal dibuat oleh Muztank Corpse Art, lalu di retouch oleh Hery Mythology Art.

Jika sesuai dengan rencana bersama label, harusnya album ‘Disobedience‘ sudah bisa dinikmati diawal bulan Juli 2020, namun karena kendala pandemi Covid-19, telah dilakukan penjadwalan ulang sampai pertengahan Agustus 2020, dan kali ini sudah rilis tetapi mereka dan kami semua masih menunggu CD itu beredar di Indonesia. “Label kita Rising Nemesis Records dari Germany, jadi CD kita otomatis terlebih dahulu tersebar di Eropa dan sekitarnya, untuk di Indonesia sendiri, masih menanti CD-nya nih hehehe”, ujar Adit.

EXPENDIENCY sendiri ikut tergabung dalarn Stabwound Music (Management – Booking -Promotion) dan ketika album baru keluar, mereka segera melakukan Promo Tour ke berbagai tempat, seperti : Launching Party Album, Tour Asia, Tour Sumatera, Tour Jawa – Bali dan Tour Borneo.

Berikut track list Album ‘Disobedience’ dari EXPENDIENCY

  1. Ultimate Damage
  2. Disobedience
  3. Sign of Eternal Repentance
  4. Blood Flooded This Body
  5. Blinding Hypocrisy
  6. Hill of Despire
  7. Homicidal Dementia
  8. Arrogance of the Souls

Tinggalkan Komentar ...

Baca Juga

SOREM: Batik Adalah Atribut Bangsa Merdeka dan Berdaulat

Mereka adalah SOREM, Band black metal “nyeleneh” asal Probolinggo, Jawa Timur. Para pecandu musik hitam di wilayah tapal kuda pasti sudah tahu band ini. Saat ada event, band ini tentu menyedot perhatian. Yap, pakaian yang mereka kenakan adalah penyebabnya. Di saat mayoritas band black metal lain berlomba-lomba tampil garang dengan kostum yang terkesan nyaris meniru […]

Lagu Baru MOUTHLESS “Perompak Zaman” Tampar Para Pendengarnya

MOUTHLESS band death metal dari Jakarta telah merilis lagu berjudul “Perompak Zaman” September 2021 lalu. Lagu baru mereka ini adalah ekspresi kondisi sosial di era pandemi sekarang. Di mana pandemi telah berhasil menelanjangi manusia dan mempertontonkan sifat terkelamnya. Yakni, manusia memiliki sifat yang tidak pernah merasa cukup untuk menyengsarkan sesamanya. Menurut drummer MOUTHLESS, Gilang Muhammad […]