Lewat Single “Umar”, HYSTEROCTOMY Dakwahkan Islam Dengan Death Metal

hysteroctomy band members

Musik Death Metal pada umumnya identik dengan lirik-lirik lagu tentang depresi, kritik spiritualitas, atau segala hal yang berkaitan dengan kengerian. Bahkan ekstrimnya, di luar negeri sana ada band metal yang terang-terangan mendapuk diri sebagai pengikut ajaran satan hingga membakar gereja Kristen seperti yang dilakukan oleh Varg Vikernes, personil band Burzum. Namun di Indonesia, sebuah kota kecil yang dikenal sebagai kota santri, yakni Pasuruan, Jawa Timur, ada band Death Metal unik yang justru punya citra relijius, berbalik punggung dari kengerian. Mereka adalah HYSTEROCTOMY.

HYSTEROCTOMY adalah band Death Metal asal Pasuruan dengan konsep Islam sebagai ideologinya. Baru-baru ini, mereka merilis demo lagu dengan judul “Umar“. Bercerita tentang Umar Bin Al-Khattab seorang panglima perang pada masa kejayaan Islam. HYSTEROCTOMY sangat mengagumi sosok Umar hingga memuatnya dalam sebuah lagu, yang memberikan gambaran sejarah tentang siapa sosok Umar itu. Untuk diketahui, Umar Bin Al-Khattab merupakan sahabat Nabi Muhammad, yang juga ayah Hafshah, Istri Nabi Muhammad. Umar Bin Al-Khattab ialah seorang Khalifah kedua berkuasa kisaran tahun 634 sampai 644.

Vokalis HYSTEROCTOMY, M. Aldi Arifin, menuturkan pada metallagi.com alasan mereka membawa konsep Islam dalam musik. “Karena apa yah, karena kita juga alumni pondok pesantren di Pasuruan, kita ingin berdakwah di dalam musik cadas”, ujar pria yang akrab disapa sebagai Tacul ini. 

Selain lirik, komposisi musik dalam beberapa part yang mereka usung pun terdengar seperti khas timur tengah. Meskipun begitu, tetap dimainkan  dengan tempo yang cepat semacam band SUFFOCATION. Lagu Umar ini adalah tanda babak baru bagi band yang sudah tertidur beberapa tahun setelah rilis dua lagu di tahun 2017 ini. Mereka sekarang mulai menampakkan taringnya dengan akan merilis EP Album yang hingga kini para personil, M. Aldi Arifin (Tacul) dan Bagus Kuncoro Adi (Saprol) masih berjuang menyusun karya. Kamu bisa menyimak lagu dari HYSTEROCTOMY yang berjudul “Umar”, melalui video di bagian bawah halaman ini. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar ...

Baca Juga

Anthem baru Fingerprint Untuk Sapa Kamu Para Pengembara Jalanan

FINGERPRINT, band hardcore asal Medan, merilis karyanya di bulan Juli 2021 ini. Diawali dengan perilisan single “Dongan Sahuta” tanggal 7 Juli 2021. Selang dua hari, mereka mengumumkan perilisan album ketiga bertajuk “Determinasi” yang resmi dirilis tanggal 9 juli 2021 dalam versi CD oleh Lawless Records Jakarta. Dan versi kaset pita oleh Disaster Records. Album ini […]

Foreplay Sebelum Penetrasi Klimaks, WARBLOOD FEST Adakan Live Sessions

WARBLOOD FEST sudah berjalan hingga chapter delapan. Harusnya bulan Juli 2021 ini lagi akan digelar yang kesembilan. Namun sayang, karena kondisi PPKM darurat memaksa mereka mengurungkan niatnya. Padahal udah siap banget nih acara digelar. WARBLOOD FEST kesembilan rencananya akan di adakan di salah satu tempat di Penanjakan Bromo seperti acara Mountains of Death gitu, sih. […]