Black Metal Jowo, DROSOPHILA “Bangkit Dari Kubur”

adhe 16 Juni 2021

Salah satu Band Legend Asal Yogyakarta yang berdiri tahun 1997, DROSOPHILA akhirnya merayakan kebangkitannya kembali “dari kubur”. 30 Mei 2021 lalu, band black metal yang liriknya juga menggunakan boso Jowo (bahasa Jawa) ini merilis album bertajuk “Day of Resurrection”.

Pasca perilisan album DVD “Anxiety Disorder” tepatnya 4 tahun silam, Akhirnya DROSOPHILA kembali mendobrak eksistensinya di kancah musik metal tanah air dengan line up yang saat ini diperkuat oleh, Safiq Rosyad (guitar/vocal), Hellarius Erly (bass/vocal), dan Bono (drum).

Album Day of Resurrection bermuatan 10 track ini dirilis oleh salah satu label yang di naungi oleh Nyoman Sastrawan yaitu Sadist Record asal Bali.

Di dalam materi album milik DROSOPHILA ini terdapat perpaduan antara musik etnik Timur Tengah dengan Jawa serta ditambah dengan alunan clean vocal khas Jawa yang seakan menambah aura mistis seperti lirik di salah satu lagu di album mereka berjudul “Manunggaling Rasa”.

Selain lirik yang menggunakan bahasa Jawa krama inggil, makna ciptaan DROSOPHILIA ini cukup mendalam. Yakni sejatinya manusia merupakan salah satu makhluk ciptaan Tuhan yang pada akhirnya juga akan kembali pada Tuhan. Manusia itu satu rasa, dan sejatinya manusia juga perlu untuk memahami arti hidup. Untuk menjawab rasa penasaran kamu tentang liriknya, mari kita bedah.

Berikut Penggalan Lirik Manunggaling Rasa dari DROSOPHILA

“Manungso dicipta seko lemah lembut, Bangsa jin seko geni kang panas. Mula dho padha sombong, Marang Gusti kang welas asih.” Artinya bahwa manusia diciptakan dari tanah yang lembut, bangsa jin diciptakan dari api yang panas. Jadi jangan memiliki sifat sombong terhadap Tuhan Yang Maha Pengasih.

Manungso manunggaling ing rasa, Sejatine urip iku ana ing rasa, Rasa iku kalebu ing jerone urip”. Yang artinya  manusia itu bersatu dengan perasaan, sejatinya hidup itu ada di perasaan, perasaan itu ada di kehidupan.

Didalam lirik lagu ini pun disisipkan salah satu peribahasa dalam bahasa Jawa, “Adigang, Adigung, Adighuna” Yang artinya mengandalkan kekuatan, Kekuasaan, Dan kepandaian yang ia miliki.

Tracklist DROSOPHILA “Day Of Resurrection”

1. Day Of Resurrection

2. Berlari Dalam Diam

3. The Sun

4. Manunggale Roso

5. This Is My Life II

6. Titik Arah

7. Kolo Mangsane

8. Against Of Life

9. Count Of Your Deeds

10. Garisting Ati

Sekian artikel tentang DROSOPHILA ini. terima kasih telah membaca Metallagi.com. Artikel menarik lainnya, silakan obrak-abrik sendiri website ini untuk mencarinya.

Adhe Crusher

Penulis adalah vokalis Berantai, juga anchor di Night Distortion. Sentuh dia melalui instagram @adhe_crusher

    Tinggalkan komentar

    Artikel Terkait