Black Metal Jowo, DROSOPHILA “Bangkit Dari Kubur”

Salah satu Band Legend Asal Yogyakarta yang berdiri tahun 1997, DROSOPHILA akhirnya merayakan kebangkitannya kembali “dari kubur”. 30 Mei 2021 lalu, band black metal yang liriknya juga menggunakan boso Jowo (bahasa Jawa) ini merilis album bertajuk “Day of Resurrection”.

Pasca perilisan album DVD “Anxiety Disorder” tepatnya 4 tahun silam, Akhirnya DROSOPHILA kembali mendobrak eksistensinya di kancah musik metal tanah air dengan line up yang saat ini diperkuat oleh, Safiq Rosyad (guitar/vocal), Hellarius Erly (bass/vocal), dan Bono (drum).

Album Day of Resurrection bermuatan 10 track ini dirilis oleh salah satu label yang di naungi oleh Nyoman Sastrawan yaitu Sadist Record asal Bali.

Di dalam materi album milik DROSOPHILA ini terdapat perpaduan antara musik etnik Timur Tengah dengan Jawa serta ditambah dengan alunan clean vocal khas Jawa yang seakan menambah aura mistis seperti lirik di salah satu lagu di album mereka berjudul “Manunggaling Rasa”.

Selain lirik yang menggunakan bahasa Jawa krama inggil, makna ciptaan DROSOPHILIA ini cukup mendalam. Yakni sejatinya manusia merupakan salah satu makhluk ciptaan Tuhan yang pada akhirnya juga akan kembali pada Tuhan. Manusia itu satu rasa, dan sejatinya manusia juga perlu untuk memahami arti hidup. Untuk menjawab rasa penasaran kamu tentang liriknya, mari kita bedah.

Berikut Penggalan Lirik Manunggaling Rasa dari DROSOPHILA

“Manungso dicipta seko lemah lembut, Bangsa jin seko geni kang panas. Mula dho padha sombong, Marang Gusti kang welas asih.” Artinya bahwa manusia diciptakan dari tanah yang lembut, bangsa jin diciptakan dari api yang panas. Jadi jangan memiliki sifat sombong terhadap Tuhan Yang Maha Pengasih.

Manungso manunggaling ing rasa, Sejatine urip iku ana ing rasa, Rasa iku kalebu ing jerone urip”. Yang artinya  manusia itu bersatu dengan perasaan, sejatinya hidup itu ada di perasaan, perasaan itu ada di kehidupan.

Didalam lirik lagu ini pun disisipkan salah satu peribahasa dalam bahasa Jawa, “Adigang, Adigung, Adighuna” Yang artinya mengandalkan kekuatan, Kekuasaan, Dan kepandaian yang ia miliki.

Tracklist DROSOPHILA “Day Of Resurrection”

1. Day Of Resurrection

2. Berlari Dalam Diam

3. The Sun

4. Manunggale Roso

5. This Is My Life II

6. Titik Arah

7. Kolo Mangsane

8. Against Of Life

9. Count Of Your Deeds

10. Garisting Ati

Sekian artikel tentang DROSOPHILA ini. terima kasih telah membaca Metallagi.com. Artikel menarik lainnya, silakan obrak-abrik sendiri website ini untuk mencarinya.

Tinggalkan Komentar ...

Baca Juga

SOREM: Batik Adalah Atribut Bangsa Merdeka dan Berdaulat

Mereka adalah SOREM, Band black metal “nyeleneh” asal Probolinggo, Jawa Timur. Para pecandu musik hitam di wilayah tapal kuda pasti sudah tahu band ini. Saat ada event, band ini tentu menyedot perhatian. Yap, pakaian yang mereka kenakan adalah penyebabnya. Di saat mayoritas band black metal lain berlomba-lomba tampil garang dengan kostum yang terkesan nyaris meniru […]

Lagu Baru MOUTHLESS “Perompak Zaman” Tampar Para Pendengarnya

MOUTHLESS band death metal dari Jakarta telah merilis lagu berjudul “Perompak Zaman” September 2021 lalu. Lagu baru mereka ini adalah ekspresi kondisi sosial di era pandemi sekarang. Di mana pandemi telah berhasil menelanjangi manusia dan mempertontonkan sifat terkelamnya. Yakni, manusia memiliki sifat yang tidak pernah merasa cukup untuk menyengsarkan sesamanya. Menurut drummer MOUTHLESS, Gilang Muhammad […]