FASIK Rilis Single ‘Arise’ feat Vokalis SCREAMING FACTOR

tacul 19 Agustus 2020
Fasik Band Members

Apa itu FASIK? FASIK berarti keluar dari sesuatu, kalau dalam agama, murtad. Tapi kali ini kita akan membahas FASIK yang lain. FASIK, grup metal dari kota dingin Malang, barusan ini merilis single baru yang berjudul ‘Arise‘.

Rencananya, tahun 2020 ini FASIK akan merilis EP/mini album, namun dengan adanya pandemi global ini, dengan sangat terpaksa FASIK harus mereschedule ulang dikarenakan ruang gerak mereka yang sangat terbatas akibat PSBB.

Di single ‘Arise‘ ini sangat unik dan berbeda mereka menceritakan perang akhir zaman yang akan terjadi, tanda-tanda kiamat telah tampak didepan mata. Apalagi dengan adanya wabah virus corona ini, semakin menunjukkan kita sedang melangkah menuju ke fase terakhir kehidupan. Saatnya kita bangkit untuk mempersiapkan kedatangan hari akhir.

Pada lagu ‘Arise‘ ini mereka berkolaborasi bersama Novi (SCREAMING FACTOR). Aransemen lagunya juga bisa dibilang berbeda dengan lagu sebelumnya yaitu ‘Wrath Of The Gods‘. Pada lagu ‘Wrath Of The Gods‘ bisa dibilang lebih technical, lebih ke death metal. Sedangkan Di lagu ‘Arise‘, lebih ke arah metal hardcore. Ini bukan kali pertama dilakukan FASIK, sebelumnya pada tahun 2013, di lagu ‘Chance To Change‘ mereka juga pernah melakukannya.

“Aransement musik kami banyak sekali mengexplore ide-ide dari masing-masing personil, kali ini kami lebih condong ke ranah metal hardcore. Sedikit mengulang memori kami saat penggarapan single ‘Chance To Change‘ (feat Yayak Sharkbite) di tahun 2013 yang juga kental beraroma metal hardcore. Kami sangat antusias sekali dalam penggarapan single ini. Itung-itung pemanasan sebelum EP kami rilis di tahun depan. Dengan menggandeng salah satu vokalis legend kota Malang yaitu Mas Novi (SCREAMING FACTOR), kami banyak sekali mendapat ilmu baru dari beliau. Dan single kita ‘Arise‘ ini sudah bisa didengarkan di beberapa Platform Digital Stream yaitu : Spotify, iTunes, Youtube, Soundcloud, Amazon Music, Deezer, Pandora Salam metalheads!!!” kata Fadil sang vokalis.

FASIK adalah band yang berasal dari Kota dingin Malang Jawa Timur. Terbentuk resmi pada tahun 2011 yang didirikan oleh Innot dengan personil awal yaitu Innot (gitar), Anggik (bass), Ivan (Drum), Dion (gitar), dan Jimmy (vokal). Akhirnya FASIK meluncurkan single pertama nya yaitu ‘Patricide‘ dengan genre awal Progressive Metalcore. Dan pada tahun 2014 banyak mengalami perubahan personil, dan tak lama kemudian mereka dan para fans mendapatkan berita duka yaitu Ivan, sang drummer meninggal dunia karena insiden kecelakaan. Dengan terpaksa, mereka vakum untuk beberapa saat. Setelah 3 tahun vakum FASIK memutuskan untuk bangkit kembali meskipun mereka memakai drummer additional dan kembali ke formasi awal.

Di akhir tahun 2018 FASIK kembali vakum dikarenakan bisa dibilang seringnya pergantian drummer yang beberapa kurang cocok, dan pada akhirnya pada tahun 2019, FASIK kembali lagi dengan wajah baru dan beberapa wajah lama, yaitu masuk nya Ilham (SAVOR) yang mengisi posisi drum, lalu Krisna (BABIRUSA THRASH) yang mengisi gitar, dan Fadil yang mengisi posisi vokal. Dan sejak tahun 2019, FASIK sudah mengeluarkan single baru yaitu ‘Wrath Of The Gods‘ yang dirilis pada Oktober 2019 dan ‘Arise‘ baru saja dirilis bulan Juli 2020 ini.

Jhon Tacul

Penulis adalah vocalis band Vomiting Intestine. Sapa dia di instagram @aldi.johntacul

    Tinggalkan komentar

    Artikel Terkait